Pages

Ads 468x60px

Ragam Pasar Tradisional

Kalo kita dengar kata pasar tradisional udah pasti komentar yang keluar adalah jorok, bau, becek, kios para pedagang ga tertata rapi alias semraut sampe kita suka susah kalo jalan  pokoknya intinya ga nyaman lah..Nah klo ntu pasar tradisional di Indonesia berikut ini ada beberapa pasar tradisional di luar negeri yang kalo liat gambarnya aja pasti komentar kita bersih, kering (ga becek), sampah ga berserakan di mana2, kios pedagang tertata rapi  nyaman kali lah pokoknya n so pasti bikin betah n ga mau pulang..Kita intip aja yuks:

10. Pasar Basah Kota Kowloon, Hongkong
Bahan-bahan berkualitas terbaik dijual di pasar ini. Berbagai daging impor yang masih segar tersedia di pasar tersebut. Sama seperti pasar-pasar tradisional di berbagai negara, pasar ini juga menjual ikan hidup dan sayuran segar. Selain itu, Pasar Basah juga menjual barang-barang yang didatangkan dari seantero Asia, termasuk Thailand.






9. Marché Provencal, Antibes, Perancis
Marché Provencal terletak di kota tua Antibes. Di sana berbagai bahan-bahan masakan yang didistribusikan dari wilayah Provence. Di Pasar ini, pengunjung bisa belajar seni memasak khas Negeri Napoleon Bonaparte itu. Setiap sore hari, pengunjung dapat melihat karya seni mulai dari keramik, ukiran kayu hingga lukisan seniman lokal. 





8. Pasar Central Lancaster, Pennsylvania, AS
 
Pasar ini adalah pasar tertua di AS. Pasar ini sudah beroperasi sejak 1730. Pasar Sentral menjual berbagai barang impor, produk lokal, bunga segar, makanan laut dan roti panggang hangat. Tak hanya itu, di kalangan wisatawan pasar ini juga terkenal akan produk kerajinan tangan dan makanan khas masyarakat Amish, suku asli Pennsylvania.








7. Pasar Basah Kreta Ayer, Singapura

Pasar ini terletak di kawasan Chinatown, Singapura. Pasar ini merupakan pasar basah khas Asia. Meski 'becek' bukan berarti pasar ini menampilkan kesan jijik. Pasar ini justru rapi dan bersih. Kreta Ayer menjual sayuran segar khas Asia, katak, kura-kura hidup, obat herbal Cina, tahu dan telur yang diawetkan.






6. Pasar Borough, London, Inggris
Borough dikenal sebagai pasar buah dan sayur tertua di London. Pasar ini berada di kawasan Southwark. Pasar Borough sudah beroperasi sejak 1755 silam. Pasar ini khusus menjual produk lokal, keju olahan tangan dan roti. Pasar ini juga dikenal sebagai pemasok bahan-bahan bagi restoran-restoran di London. Namun, tidak setiap hari pasar ini dibuka. Pasar Borough dibuka untuk umum pada Kamis, Jumat dan Sabtu.



5. Pasar St Lawrence, Toronto, Kanada
St Lawrence adalah salah satu pasar terbaik di Kanada dan dunia. Anda bisa berbelanja beragam jenis sayuran yang tumbuh di Ontario maupun buah-buahan tropis di pasar tersebut. Pengunjung juga bisa membeli dan menikmati sajian beragam pie, roti panggang, dan daging rusa yang baru saja dimasak. Setiap akhir pekan, petani setempat menjual produk organik musiman di Pasar Utara. Tradisi ini sudah dimulai pada 1803 silam yang masih lestari hingga kini.


4. Pasar Or Tor Kor, Bangkok, Thailand
Buat sob yang doyan jajan pasar ini lah surganya. Pasar ini terletak di sebelah Pasar Chatuchak. Pasar Or Tor tor menjual beragam buah, sayur, hasil laut, manisan dan makanan jadi. Di pasar ini Anda bisa membeli buah dan sayur berkualitas. Pasalnya, buah-buahan yang dijual para pedagang diimpor dari hampir seluruh negara Asia. Ketika perut lapar setelah berputar-putar, pengunjung bisa menikmati makanan khas Thailand yang dijajakan para pedagang di pasar tersebut.



3. Pasar Union Square Farmer, New York City, AS.
Sebagai negara maju, Amerika Serikat, pasar di Negeri Paman Sam tersebut nyaris tertata rapi. Salah satu pasarnya adalah Union Square Farmer. Pasar ini menampung hasil panen petani yang masih segar dan baru dipetik. Ada 140 petani lokal, penjual ikan, penjual roti, dan tukang daging yang menjual produknya di sini. Saat ramai, jumlah pembeli di pasar segar ini mencapai 60 ribu orang. Terkadang, para koki selebriti menggunakan area ini sebagai tempat demo masak.



2. Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang 
Masyarakat Jepang dikenal doyan mengonsumsi ikan segar. Karenanya tak heran jika pasar tradisional yang khusus menjual hasil tangkapan laut cukup banyak di Negeri Matahari Terbit tersebut. Salah satu pasar tradisional Tsukiji. Pasar ini dikenal sebagai pasar ikan dan seafood terbesar di dunia. Pasar ini menjual lebih dari 400 jenis makanan laut. Anda bisa menemukan rumput laut, landak laut hingga kaviar yang harganya mencapai ratusan dolar dijual di pasar ini.



1. Pasar La Boqueria, Barcelona, Spanyol
Pasar tradisional La Boqueria sudah ada sejak abad ke-13. Dulunya, pasar ini adalah sebuah pusat penjualan daging babi. Namun kini, pasar ini telah tumbuh sebagai pasar tradisional terbaik di dunia. Di pasar ini para pedagangnya menjual beraneka ragam ikan, daging dan sayur mayur segar. La Boqueria juga dikenal sebagai tempat favorit untuk makan siang. Anda dapat menemukan beragam restoran seafood segar dan makanan ala mediterania di La Boqueria

26 comments:

  1. Jadi iri sama pasar mereka,walaupun tradisional tetapi besih dan rapih.Mudah-mudahan suatu saat pasar di Indonesia bisa seperti itu.Khusus Pasar Or Tor Kor, Bangkok, Thailand pasti duriannya enak tuh.artikel yang menarik kawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya di indonesia banyak juga pasar bersih kaya yg di Thailand cuma harga produk nya harga supermarket sob..
      moga2 aja bakal ada pasar tradisional dengan harga murah..

      Delete
    2. berarti masih belom siap konsep sebagai pasar tradisional yah sob kalu harga masih kelas supermarket.

      Delete
    3. nah itu dy masalahnya sob..skrg muncul masalah baru pemerintah mulai sedikit demi sedikit menggusur pasar tradisional..klo gitu kan yg kasian org kecil ya sob..
      nice sharing w/ u..

      Delete
  2. nih pasar tradisional tapi ngalahin mall di indonesia, keren, bersih, rapi dan tertata, heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener x sob..
      makanya kapan ya indonesia punya pasar tradisional yg bersih, rapi, ga bau???
      thank u for coming..

      Delete
    2. heee
      pasar pagi, pasar induk sampe pasar malam semuanya sesak dan bau dimana2, pemerintah mau buat pasar yang bersih dan rapi juga ntar bakal jelek lagi karena budaya masyarakat indonesia yang emang belum tertata rapi, jiahhh :D

      Delete
    3. benar sekali sob..sama dengan mo nanggulangin banjir..pemerintah da getol bersihin sungai tapi kalo budaya "buang sampah ya hrs ke sungai" ttp terpatri dgn manis di masy Indonesi ya sami mawon..ujung2nya pemerintah juga yg dubilang ga kerja :)

      Delete
  3. wahh info menarik disini nice share..

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. pasar ikan Tsukiji Tokyo emg keren sob kabarnya caviar yg harganya selangit tu klo makan di resto perancis di import lgsg dr sini..jd ga heran kalo harganya alamak..hiiii
      thank u for coming..

      Delete
  5. .: lho kok pasar-nya di LN semua, di sekitar Serpong banyak pasar tradisional yg bersih...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sob di indonesia juga byk pasar yg bersih di medan pun ada tapi harga yg dibandrol adalah harga supermarket :)

      Delete
  6. Thanks sharingnya, gan!
    Salam kenal...Kalau berkenan mau ngundang untuk ikutan gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan..
      iya gan ntr ikut join dech..

      Delete
  7. bro follback blog saya > http://liong-seo.blogspot.com/ saya udh follow di blog sobat, dengan nama liong outsider, ditunggu follbacknya, awas klo ndak follback, hehehe, makasi

    dan jika mau mari tukar banner, pasang dulu banner saya, kodenya ada di tukar link, kalau sudah contact saya dengan comment, dan saya akan pasang balik banner sobat,, makasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. da follow sob # 288 sila dicek ya..
      wokeh ntr dipasang banner nya..
      thank u..

      Delete
  8. seandainya semua pasar di Indonesi bersih2 kyk di luar,weleh..weleh..pasti ibu2 banyak yg milih belanja ke pasar.Nice share sob,salam persahabatan dari SALING BERBAGI,btw ane dah lama kok followback blog agan, atas nama bhinu dhaniarto,hehehe,monggo dicek lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga2 ada figur pemimpin yg bisa buat pasar tradisional Indonesia jadi raja di hati para ibu2..hehehheee
      iya udah dicek ada koq sob..
      maaf ya :)

      Delete
  9. Melihat pasar tradisional, jadi ingat dengan jajanan pasar jaman dulu yang sekarang hilang dari perederaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob jajanan pasar tu enak x pa lagi jajanan kampung nya..skrg udah susah nemu sob hikss hikss..hiks..

      Delete
  10. kok ndak sama dengan pasar di negara kita yah? heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya pasar bersih ada juga di indonesia cuma harga nya sama dengan supermarket..tapi bersihnya ga sebersih pasar yg di luar negeri :)thank u 4 coming..

      Delete
  11. Orang2 kita belum memiliki kesadaran & kebersamaan yg tinggi seperti org luar negeri, makanya sulit utk terciptanya pasar yg bersih & teratur seperti di luar negeri.

    ReplyDelete