Pages

Ads 468x60px

Aneka Permen Di Dunia

Setiap manusia di belahan bumi ini pasti pernah makan permen . Mulai dari rasa yang manis, asam, pedas, aneka rasa, etc Untuk sekedar info berikut ini ada berbagai jenis permen dari seluruh dunia..Sapa tau kita emang udah pernah makan cuma ga tau namanya. Yuks mari kita inti sama2..

1. Li Hing Mui (China)

Terbuat dari buah plum kering dan diberi bubuk "Li Hing" yang rasanya dikombinasikan, manis, asam dan asin. Kombinasi rasa ini menciptakan rasa yang kuat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan. Permen ini awalnya hanya dijual Di China dan beberapa negara Asia. Kemudian pada tahun 1900an, permen ini dibawa masuk pertama kali ke Hawaii oleh seorang imigran Asia yang bernama Yee Sheong dan menjadi terkenal dan diminati banyak orang.


 

2. Nougat (Perancis)
 
Permen ini diolah menggunakan gula atau madu, kacang pistachio, almond, hazelnut dan buah-buahan kering lainnya. Tekstur nougat berbeda-beda, ada yang lunak ada yang keras, semua tergantung bahan yang dipakai. Tidak hanya tekstur, warnanya pun bisa berbeda. Nougat putih terbuat dari putih telur, sedangkan nougat cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih 'crispy' saat dikunyah.

 

3. Turkish Delight (Turki)

Kembang gula yang nama aslinya Lokum atau Cyprus Delight ini memang pantas menjadi kesukaan banyak orang. Teksturnya yang lembut dan lengket mirip jelly ditambah potongan kecil kacang-kacangan seperti walnut, almond atau kenari serta taburan gula halus di sekelilingnya , membuat
 
rasa permen ini sangat legit. Permen yang sudah diproduksi sejak abad ke-15 ini berasal dari negara Turki. Berkat kelezatannya, Turkish Delight bisa terkenal ke seluruh Eropa dan Dunia . Bahkan di Inggris, permen ini dapat julukan 'hanhish candy' karena dapat membuat orang ketagihan memakannya.


 





4. Gummy Bear (Jerman) 
 
Permen ini adalah permulaan dari berbagai bentuk permen 'gelatin lengket' yang digemari di banyak negara. Permen empuk ini diciptakan oleh Hans Riegel pada 1922. Si Mungil berwarna warni ini aslinya bernama gummibar atau gummibarchen , dan dalam Bahasa Inggris berubah menjadi gummy bear. Ketenaran permen ini mencapai negara Amerika Serikat. Di AS , Gummy Bear mempunyai 5 rasa khas. Yaitu Rapsberry (merah), Jeruk (oranye), Stroberi (hijau), Nanas dan Lemon (kuning).

 

5. Permen Jahe (Indonesia) 
 
Permen Jahe memang merupakan permen yang tergolong kuno. Bukan hanya dari puluhan tahun lalu, tetapi ratusan tahun yang lalu. Permen ini tercatat di dalam buku "Island of Java" karya John Joseph Stockdale, pelancong dari Inggris yang menyebutkan Belanda mengirim sebanyak 5.000 kilogram produk yang disebut "Candied Ginger" dari Batavia ke Eropa (1778). Makanan ini digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung. Permen ini juga sangat cocok untuk menghangatkan badan dan menyegarkan tenggorokan. Apalagi saat udara dingin. Badan pun ikut hangat bila makan permen ini.



6. Botan Rice Candy (Jepang)
 
Botan Rice Candy sangat lembut, kenyal, dan rasanya seperti jeruk lemon yang dilapisi kertas pembungkus beras. Permen ini seperti plastik kering, tetapi jika sudah dimakan permen tersebut akan mencair di mulut. Saat ini, Botan Rice Candy sudah diimpor ke Amerika Utara. Permen Botan Rice 'datang' dalam kotak kardus kecil yang berisi 3/4 oz(21 gram) permen. Setiap kotak berisi 6 buah permen dan stiker. Sebelum 1998, setiap kotak berisi mainan plastik kecil. Nama permen itu, Botan (kanji: 牡丹, hiragana: ぼ たん) yang berarti 'peony' dalam bahasa Jepang.

 

7. Brigadeiro (Brazil)
 
Konon, pesta ulang tahun anak-anak di Brazil tidak akan meriah bila tidak tersedia permen yang terbuat dari susu dan bubuk cocoa ini. Nama 'Brigadeiro' sendiri diambil dari seorang nama jenderal di angkatan udara Brazil pada tahun 1940 an, Eduardo Gomez. Ketika permen ini pertama kali diciptakan, Brigadir Eduardo Gomez sangat terkenal karena berhasil membasmi pemberontak, oleh karena itu permen ini diberi nama sesuai sang jenderal untuk menghormati jasanya. Rasanya yang enak dan bentuknya yang menarik membuat permen ini sering menjadi hiasan pada kue dan eskrim.

 

8. Canadian Maple Candy (Kanada)  

Permen Maple Kanada terbuat dari sirup maple Kanada, dibuat secara tradisional di dapur-dapur Kanada dan sudah merupakan budaya bagi mereka. Kanada memproduksi lebih dari 85% sirup maple dunia yang dikirim ke lebih dari 45 negara. Permen maple Kanada mempunyai bermacam-macam istilah seperti "Mapple Taffy" atau "Sugar on Snow". Sirup maple direbus sampai kental dan tebal, kemudian dituangkan pada salju bersih.

 

9. Bbopki (Korea)
 
Sebuah permen tradisional Korea yang terbuat dari gula yang dikaramelkan dan dicampur baking soda. Bbopki biasanya dibentuk menjadi piringan bulat atau dicetak ke tongkat seperti lolipop. Anda dapat menemukan Bbopki di jalan-jalan di kota Korea. Bahan-bahan yang sederhana dan tidak memerlukan kios untuk berjualan, seringkali anda menemukan penjual-penjual Bbopki hanya duduk di belakang sepiring panas Bbopki di atas meja.  





10. Calaveras de Azucar (Mexico)
 
Permen Mexico ini memiliki kombinasi rasa yang unik. Manisnya gula dan panasnya cabai sering dikombinasikan untuk menghasilkan rasa yang berbeda dari yang lainnya. Meskipun menggunakan kombinasi yang aneh, permen tradisional Meksiko ini telah menjadi produk ekspor yang penting dan menjadi permintaan Internasional untuk suatu peningkatan rasa. Permen yang paling dicari ini dibuat untuk perayaan keagamaan khusus. Calaveras de Azucar adalah "tengkorak kecil" yang terbuat dari gula, dihiasi dengan cemerlang dan warna yang meriah. Mereka ditempatkan di kuburan orang-orang yang sudah meninggal pada Dia de los Muertos (Hari Orang Mati), untuk memperingati saat-saat hidup mereka. Dekorasi begitu besar sehingga banyak orang menganggap mereka karya seni, bukan permen.

 
11. Licorice (Belanda)
 
Masyarakat Belanda mempunyai tingkat konsumsi Licorice per kapita paling tinggi di dunia. Nama lain dari Licorice adalah Drop. Camilan ini menjadi favorit karena orang Belanda lebih suka mengunyah permen sambil nonton film. Permen kenyal ini hadir dalam berbagai bentuk dengan rasa segar pedas mirip obat batuk hitam.

 
 12. Lollipop (Amerika)
 
Permen satu ini adalah permen yang bertangkai. Permen ini ditemukan oleh George Smith pada tahun 1908. Nama "Lollipop" diambil dari nama kuda balap George. permen ini memiliki rasa yang manis dan keras.

 




13. Baobest Fruit (Afrika Selatan)
 
Permen kunyah tersebut tersedia dalam 4 rasa: mangga, raspberry, strawberry dan campuran berry. Baobest Fruit merupakan campuran dari pektin jeruk, bubuk baobab dan 100 persen pure buah tanpa tambahan gula.

39 comments:

  1. hmmm,... yummyyy,...
    tapi bikin abiez gigi, hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biz mam permen lgsg sikat gigi mas biar gigi nya ga abz...
      hihihiiii

      Delete
  2. Wah banyak sekali juga rupanya permen yah, banyak aneka warna dan rasa...mantap sekali sobat
    terima klasih telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak n ternyata ada bbrp permen yg sering kita konsumsi tapi ga tau namanya..dgn adanya info ini jadi lebih tau dech..
      thank u udah dtg..

      Delete
  3. Replies
    1. iya bikin lega klo lagi flu..
      hmm plong bgt..

      Delete
  4. Permen mexico itu,selain tampilannya keren,rasanya juga aneh yah,manis dengan pedas bisa jadi satu, jadi pengen nyicipin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak..yg namanya permen emg bs buat senang apapun rasanya..

      Delete
  5. Replies
    1. Smuanya enyak2 mas..
      yg namanya permen bikin nagih aja..

      Delete
  6. Jadi kepengen makan peren nih gan setelah liat aneka permennya..hahahyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg namanya permen emng tiada duanya gan..
      anak2 sampai orang dewasa suka permen..

      Delete
  7. enak-enak semua kyak nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener x sob smua permen yg ada di foto enak2 apalagi turkish delight..

      Delete
  8. enak nya permen coklat brazil..
    sekotak pun kurang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. permen coklat emg makyus sob..
      thank u for coming..

      Delete
  9. semua enak..
    biz tu jgn lupa sikat gigi ya..
    hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob klo lupa sikat gigi nti giginya abiz..
      hiihiii

      Delete
  10. go permen jahe, go indonesia :D, wkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. permen jahe emang top markotop sob..
      yippii..

      Delete
  11. Permen tengkorak kecil unik tapi menakutkan...Bukan main sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. menarik karena warnanya colorful jadi kesan seremnya ilang dech :)

      Delete
  12. Saya suka permen... saking sukanya sampai sekarang menanggung akibatnya sering sakit gigi., heuuu (Turkish delight, yummy!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka lupa sikat gigi ya sob biz mam permen..
      turkisg delight mantap krina sob :)

      Delete
  13. nice artikel sob, dari Indonesia ga ada ya sob??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sob permen dari indonesia..
      namanya permen jahe..
      nice n buat adem :)

      Delete
  14. Replies
    1. permen asem ada sob namanya Li Hing Mui dari china..
      gampang koq nyarinya di kede2 kecil juga ada harga nya gopek aja:)

      Delete
  15. Nyam-nyam nyammy... Jadi pengen nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn lupa sikat gigi ya sob :)
      thank u..

      Delete
  16. yuummyy...i like permen..:)

    ReplyDelete
  17. ane lebih suka permen karet, lebih wow

    ReplyDelete
  18. Wah, unik-unik gan. Ane juga punya permen dingin gan, cek disini ya: http://on.fb.me/17kiuh1 :)

    ReplyDelete
  19. Tau ga nama Permen dari Jepang awalannya huruf L...

    ReplyDelete
  20. wow, bnyak juga jenis nya yah, kalau permen dingin yang kayak gini http://on.fb.me/1jjPkWz udh pernah coba?

    ReplyDelete
  21. mantap sob.. thanks infonya
    www.produsenlollipop.blogspot.com

    ReplyDelete