Pages

Ads 468x60px

Makanan Indonesia yang Mendunia

Banyak makanan dan jajanan kuliner khas Indonesia yang namanya sudah mendunia dan memiliki sejarah yang menjadikan kuliner-kuliner ini menjadi idaman para wisatawan mancanegara
berikut ini adalah makanan khas indonesia yang sudah mendunia:



1. Soto
Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi juga babi dan kambing. Soto juga pernah disiarkan secara langsung di televisi Telemadrid dalam program Buenos das Madrid.



2. Nasi goreng
Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan khas Indonesia. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis.


3. Gudeg
Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Masyarakat yogyakarta biasanya menikmati gudeg bersama dengan telur, nasi, daging dan juga sambal goreng . Gudeg juga banyak diminati para wisatawan yang datang ke Yogyakarta.


4. Bakso
Bakso adalah jenis bola daging atau orang luar biasanya menyebut meatball (bola daging). Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang.


5. Sate
Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu . Saus ini bisa berupa sambal kecap, sambal kacang, atau yang lainnya. Lalu sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong. Kadang-kadang sate dimakan dengan ketupat.


5. Gado-gado
Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng, disertai kerupuk sebagai pelengkap. Gado-gado dapat dimakan begitu saja dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong. Bahkan gado-gado pernah menjadi juara saat festival makanan internasional.


6. Rendang
Rendang adalah sebuah olahan dari daging (biasanya daging sapi) rendang adalah makanan khas dari minangkabau. Masakan ini memiliki bau yang khas dan rasa yang khas. rendang memiliki aroma yang enak dan memiliki rasa yang gurih dan ada sedikit pedas. Dengan terpilihnya rending sebagai makanan khas Indonesia kita harus berbangga karena rendang peringkat 11 dari 50 hidangan terenak yang ada di dunia.

47 comments:

  1. yummy..yummy..
    jadi laper..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangga ya sob ternyata byk juga makanan indonesia yg jd fav bule..hihihihiii

      Delete
  2. Top markotop para chef yg mempopulerkan masakan indonesia smp luar negeri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Two thumbs up u/ para chef and mahasiswa Indonesia yg skul di luar negeri.. :)

      Delete
  3. tetep bakso/nasgor yg jadi andalan anak kos. #eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul x pak alief..
      nasgor & baso meg top dah..

      Delete
  4. Enak smua nya..
    top dah makanan indonesia ikut mendunia jgn korupsinya aja..
    hihihiii

    ReplyDelete
  5. thanks buat para chef dan mahasiswa indonesia yg gak bosan2 nya memperkenalkan kuliner khas indonesia ke seluruh penjuru dunia..
    top dah..

    ReplyDelete
  6. I agree, dan di luar sana ternyata masakan/makanan khas indonesia dihargai sangat mahal karena lwuzatnya... apalagi yang spicey-spicey kayak rendang en nasgor ... wah pokoke maknyoosh deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gitu ya sob..
      bangga jadi orang indonesia..

      Delete
  7. Thank you so much.

    ReplyDelete
    Replies
    1. U R welcome GLace..
      Come again..

      Delete
  8. sate termasuk makanan favorit aku juga sob hehehe... klo lotek sama karedok blm yaah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul skali pak sate tu emg top dach gada tandingannya skalipun steak..klo pecal da jd menu fav dunia brarti lotek n karedok ada kemungkinan nyusul jg :)amin jd makin byk makanan Indonesia yg mendunia..

      Delete
  9. Wuih.... makanan favorit ane di no. 1

    Tengah malam mampir di sini jadi laper.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto medan n padang tu tiada duanya..
      tiap hari makan soto ga kan pernah bosan..
      luv soto so much..

      Delete
  10. nasi goreng adalah makanan favorite aku,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lg ga selera makan masak or beli lah nasi goreng pasti lgsg tambah 2 piring..
      hihhiiii

      Delete
  11. huuaaa,... bikin laperrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yg namanya makanan indonesia apa pun itu emg selalu bikin nagih..top dach..

      Delete
  12. Rendang tuh,, wih bikin laper blom makan soalnya hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rendang tu emg bikin nafsu makan nambah..apalagi klo mAkannya di rumah makan padang..tambuah ciek..

      Delete
  13. berkunjung sini sambil berhayal menikmati hidangan di atas sobat,,,hehehe mksh sudah bebagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkhayal aja bikin kita kenyang apalagi makan benerann..
      nyam..nyam..nyam..

      Delete
  14. Sedapnya soto dan gado2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makyus lah pokoknya sob..
      yuks mari makan..
      sedap..

      Delete
  15. Semuanya sedap.Paling sha suka soto. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto tu emang tiada tandingannya..
      mantap x sha..

      Delete
  16. wah manatp sob,
    malah jadi lapar pulak liat makanannya.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheee..
      emeng kuliner Indonesia tiada tara..
      yuks mari makan sob..

      Delete
  17. wow rendang makanan kesukaan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan rendang pake nasi panas2 wuih..lamak bana..
      thank u for coming..

      Delete
  18. ya allah e.....s
    lapeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrrr



    kasi tau cara buat nya dunk pelangii

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sob..
      ntr ane share resep nya or bisa cek di warisan-resep@blogspot.com
      thank u..

      Delete
  19. Bener banget sob,soalnya ane pernah melihat di luar sana,macam-macam Indonesian food,terutama masakan Minang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bisa sey ya sob jgn masakan minang aja klo bisa semua masakan indonesia kita perkenalkan ke seluruh penjuuru dunia..
      bravo masakan indonesia..

      Delete
  20. wowww
    ga nyangka ternyata makanan indonesia udah terkenal di dunia
    bangga dong kita sbg bangsa indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali sob kita harus bangga ma budaya indonesia..
      mari kita ikut melestarikan budaya kita jgn smp dicaplok lagi ma negara lain..
      thank u..

      Delete
  21. Soto yang paling q suka
    Menurut Orang Semarang Soto mempunyai kepanjangangan
    S:egone
    O:ra
    T:au
    O:keh
    dlm bahasa indonesia "Nasinya cuman sedikit" heheheh
    Nice Info Sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo nasinya sikit sob kenyang nya agak kurang mantap...hahahaaa
      klo ane makan soto apalagi soto medan nasinya musti 2 piring sob baru kenyangnya pool...
      hihhiiii

      Delete
  22. jadi lapar liat gado-gadonya..

    tobadak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gado2 emang enak sob..
      salad asli indonesia..

      Delete
  23. hmmmm nyam nyam ngiler nih, saya suka soto pedas manknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. soto plus cabe rawit, sikit jeruk nipis & kecap..aih aih maknyus x lah..

      Delete
  24. Bakso tuh... makanan favorit ku.. apalagi sambalnya banyak, pedas and mantap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sob..
      apalagi klo idung gi mampet..
      hihihiii

      Delete